@misc{eprints23616, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA SCRABBLE BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MA NEGERI 1 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {(1213031046) INDRIANI BUDIARTI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23616/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media scrabble berbasis pendekatan kontekstual materi manajemen yang berkualitas ditinjau dari dua aspek yaitu kelayakan materi, dan kelayakan desain serta untuk mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media scrabble yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dipadukan dengan model Bogh and Gall dengan produk media scrabble berbasis pendekatan kontekstual materi manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket lembar penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas media scrabble dan lembar post-test yang hasilnya untuk mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar siswa. Subjek ujicoba produk ini adalah para ahli/validator, guru mata pelajaran ekonomi, dan siswa kelas X MA Negeri 1 Pesawaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) produk media scrabble berbasis pendekatan kontekstual materi manajemen yang dikembangkan telah dapat digunakan, (2) kualitas media scrabble yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik dengan skor 63 dengan rata-rata 4,5, ahli media sangat baik dengan skor 80 dari dengan rata-rata 4,44. (3) media scrabble yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai post-test siswa kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X IPS 3 (kelas kontrol) yaitu 75,21 \% {\ensuremath{>}} 67,30\%, selain itu dilihat dari persentase ketuntasan siswa kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X IPS 3 (kelas kontrol) yaitu 80\% {\ensuremath{>}} 62,80\%. Kata Kunci: Media scrabble, Pendekatan kontekstual, Manajemen} }