@misc{eprints2366, month = {Februari}, title = {HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG}, author = { Fani Nur Fajri Fauzi}, address = {Fakultas Kedokteran}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2366/}, abstract = {Prestasi belajar adalah salah satu cara untuk menilai kualitas seorang anak, adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah faktor endogen (fisologis dan psikologis) dan faktor eksogen. Faktor psikologis terdiri dari intelegensi (IQ, EQ, SQ), bakat, minat, motivasi, dll sedangkan faktor fisiologis terdiri dari status gizi dan panca indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan status gizi dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada 107 siswa kelas VII, VIII, X SMP Negeri 22 Bandar Lampung pada bulan Oktober sampai Desember tahun ajaran 20132014 . Penelitian ini merupakan peneltian cross sectional sampel diambil dengan tehnik prpotionate stratified random sampling. Kecerdasan emosional diukur dengan kuisioner EQ (Emotional Quotient) ,status gizi diukur dengan menggunakan indeks IMT (Indeks Massa Tubuh)/ U (Umur) dan prestasi belajar menggunakan nilai midsemester. Data digunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chisquare. Hasil penelitian menunjukan tingkat kecerdasan emosional siswa kategori baik sebanyak 46,7\% siswa; kategori cukup 29,9\% siswa; dan kategori kurang 23,4\% siswa. Status gizi siswa dalam kategori kurus sebanyak 18,7\% siswa; kategori normal 61,7\% siswa; dan kategori gemuk 19,6\% siswa. Prestasi belajar siswa dalam kategori tinggi sebanyak 24,3\%; kategori sedang 50,5\%; dan dalam kategori rendah 24,3\%. Berdasarkan analisis bivariat didapatkan hubungan bermakna antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa (p=0,006); OR 14,3. Ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar siswa (p=0,00); OR 5,86. Kesimpulan kecerdasan emosional dan prestasi belajar memiliki hubungan yang bermkana secara statistik. Status gizi dan prestasi belajar memiliki hubungan yang bermakna secara statistik. Kata kunci: Kecerdasan emosional, prestasi belajar, status gizi, siswa SMP/ remaja.} }