<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH"^^ . "Semakin bertambahnya kendaraan akan menambah pemakaian bahan bakar dan\r\nmenyebabkan meningkatnya polusi udara. Sehingga cadangan minyak bumi pun\r\nsemakin sedikit. Untuk itu diperlukan upaya dalam menghemat atau mengurangi\r\nkonsumsi bahan bakar fosil. Salah satu upaya dalam menghemat konsumsi bahan\r\nbakar adalah dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang melimpah, yaitu\r\ndengan menggunakan pelet Fly Ash yang berasal dari limbah sawit. Penelitian ini\r\ndilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi dan kondisi\r\naktivasi pelet fly ash terhadap daya rekat pelet dan prestasi mesin sepeda motor\r\nbensin dalam hal konsumsi bahan bahar dan emisi gas buang.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan beberapa pengujian, yaitu pengujian daya rekat\r\npelet, pengujian stasioner, pengujian berjalan, pengujian akselerasi, dan pengujian\r\nemisi gas buang. Pelet Fly Ash yang digunakan dalam penelitian ini berdiameter\r\n10 mm dengan ketebalan 3 mm. Pengujian daya rekat dilakukan dengan variasi\r\ntemperatur aktivasi (175oC, 200oC, dan 225oC), dan variasi waktu aktivsai (60\r\nmenit, 40 menit, dan 20 menit). Dilakukan juga variasi komposisi tapioka (6%,\r\n4%, dan 2%), dan variasi massa pelet (6gr, 4,5 gr, dan 3 gr) pada pengujian\r\nkonsumsi bahan bakar dan akselerasi. Pelet Fly Ash dikemas dengan\r\nmenggunakan frame dari kawat strimin yang dibentuk menyerupai saringan udara\r\npada kendaraan. Sehingga pelet fly ash dapat menyaring udara yang akan masuk\r\nke ruang bakar.\r\nDari hasil penelitian ini diperoleh temperatur dan waktu aktivasi dengan daya\r\nrekat terbaik yaitu pada aktivasi dengan temperatur 175oC selama 40 menit.\r\nSedangkan komposisi pelet fly ash yang terbaik dalam menghemat konsumsi\r\nbahan bakar dan meningkatkan akselerasi adalah dengan jumlah tapioka 6% dan\r\ndengan massa filter pelet 6 gram. Penghematan yang terjadi pada pengujian\r\nstasioner hingga 37,778% pada putaran 1000 rpm, 28,333% pada putaran 3000\r\nrpm, dan 18,269% pada putaran 5000 rpm. Pada pengujian berjalan terjadi\r\npenghematan sebesar 7,082%. Sementara itu, pada pengujian akselerasi dapat\r\nmeningkatkan akselerasi mesin sebesar 4,762% pada akselerasi 0 – 80 km/jam\r\ndan 17,241% pada akselerasi 50 – 80 km/jam. Emisi gas CO dapat direduksi\r\nhingga 85,48% pada putaran 1500 rpm, sedangkan HC direduksi sebesar 89,76%\r\npada putaran 1500 rpm dan 36,97% pada putaran 3500 rpm.\r\nKata Kunci : adsorben fly ash limbah sawit, perlakuan udara pembakaran, prestasi mesin\r\n\r\nabstract\r\n\r\nMore and more vehicle was increasing, the usage of fuel make consequences increases\r\nof air pollution. So, the fuels reserve decreased. Because of that, we need to do thrifty to\r\ndecrease fossil fuel usage. One of the ways to decrease fossil fuel usages is by using\r\nnature resource that is by using pelet fly ash forming palm waste. This research was\r\naimed to know the influence of the composition and condition of pelet fly ash activation\r\nthrough the adhesiveness of pelet and gasoline motorcycle performance in the usage of\r\nfuel and vapor from gasoline.\r\nThis research did some of tests, there were sticking pelet test, stationare test, running\r\ntest, acceleration test, and exhaust gas emission test. Fly ash pelet which used in this\r\nresearch have a 10 mm diameter with 3 mm thicness. The sticking test did at\r\ntemperature variation (175oC, 200oC, and 225oC), and activation time (60 minutes, 40\r\nminutes, and 20 minutes). The other test were based on tapioca composition (6%, 4%,\r\nand 2%), and the mass of pelet (6gr, 4,5 gr, dan 3 gr) at the acceleation and fuel\r\nconsumption test .fly ash pelets were packed using a frame that made frome the strimin\r\nwire that similar with air filter of vehicle. So that the fly ash pelet could filter the air that\r\nwould entry to the combuster.\r\nThe result from this research showed that the best strength of sticking based on\r\ntemperature and the activation time was at 175â€ĒC in 40 minutes. And the best\r\ncomposition of fly ash was the 6% amount of tapioca with the amount of filter mass 6\r\ngrams. The savings from the stationer test result was 37,778% at 1000 rpm, 28,333% at\r\n3000 rpm and 18,269% at 5000 rpm. For the running test, the amount of savings was\r\n7,082%. At the acceleration test, it increased the machine acceleration as much as\r\n4,762% at 0 – 80 km/hour and 17,241% at 50-80 km/hour. CO gas emission could\r\nreduce until 85,48 % at 1500 rpm, while HC reduced as much as 89,76% at 1500 rpm\r\nand 36,97% at 3500 rpm.\r\nKey Words : fly ash, fly ash waste, fly ash pellets, machine performance"^^ . "2016-08-16" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK "^^ . . . . . . . " (1115021031)"^^ . " FAJRIN MUHTADA"^^ . " (1115021031) FAJRIN MUHTADA"^^ . . . . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (ABSTRACT).pdf"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH\r\nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN\r\nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #23684 \n\nPENGARUH KOMPOSISI DAN KONDISI AKTIVASI FLY ASH LIMBAH \nSAWIT TERHADAP DAYA REKAT PELET DAN PRESTASI MESIN \nSEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH\n\n" . "text/html" . . . "Mesin (General). Mesin Sipil (General)"@id . .