TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23687 UR - http://digilib.unila.ac.id/23687/ A1 - NI KOMANG NOVITA SARI, 1213043032 Y1 - 2016/08/08/ N2 - ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Kooperatif tipe jigsaw dan bagaimakah proses pelatihan Tari Muli Siger dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan proses pelatihan siswa dalam pelatihan tari Muli Siger menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. Sumber data dalam penelitian ini adalah 12 siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu observasi, dokumentasi, wawancar, dan tes praktik sebagai indikator penilaian yang akan digunakan. Instrumen penelitian ini adalah penelitian itu sendiri yang berpedoman melalui panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi dan panduan tes praktik. Teknik analisis data adalah data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis disusun untuk mendeskripsikan tentang proses pelatihan Tari Muli Siger melalui metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. Pada proses pelatihan melalui beberapa langkah-langkah selama proses pelatihan dilaksanakan yaitu dengan langkah metode Kooperatif tipe Jigsaw, proses pelatihan dilaksanakan selama delapan kali pertemuan. Hasil dari pelatihan tari Muli Siger dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw hasilnya adalah siswa mampun melaksanakan proses pelatihan dengan baik dan mendapatkan nilai dengan kriteria sangat baik dan didukung juga dengan media auidio-visual untuk mendukung tercapainya proses latihan dengan baik dan maksimal. Kata kunci : pelatihan, metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, tari Muli Siger. ABSTRACT The problem of this research is how the training results Muli Siger dance using the Jigsaw type of cooperative learning in SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. This study aimed to describe the process and results of students training in dance training Muli Siger using Jigsaw Cooperative Learning in extracurricular activities at SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. Sources of data in this study were 12 students who participated in extracurricular activities. This study design using qualitative descriptive research. Data was collected by means of observation 4 to obtain data, documentation to complete the data after observation, interviews to obtain data directly in the form of information, and practice tests as assessment indicators that will be used. The instrument of this research is itself guided through observation guides, interview guides, guidance documents and guides practice tests. Data analysis techniques are collected data was then analyzed qualitative descriptive. The results of the analysis are prepared to describe the training process Tari Muli Siger through cooperative learning methods Jigaw types in SD Negeri 2 Wirata Agung Lampung Tengah. In the training process through several steps during the training process implemented is bystep method of Jigsaw Cooperative, the training process was conducted over eight meetings. Results of dance training Muli Siger using the Jigsaw type of cooperative learning outcome is that students carry out the training process mampun well and get very good value criteria and supported by auidio-visual media to support the achievement of the exercises properly and maximum. Keywords: training, the jigsaw type of cooperative learning method, Muli Siger dance. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PELATIHAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD NEGERI 2 WIRATA AGUNG LAMPUNG TENGAH AV - restricted ER -