@misc{eprints23688, month = {Agustus}, title = {PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG }, author = {1213043027 MEGA GUSTI KURNIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23688/}, abstract = {ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model discovery learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model discovery learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 15 siswi kelas VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan guru pembimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Teori pembelajaran konstruktivisme ini diaplikasikan pada saat proses pembelajaran tari. Proses pembelajaran tari halibambang menggunakan model discovery learning dimulai dengan tahap memperhatikan yaitu siswa memperhatikan ketika guru memperagakan ragam gerak, mengajukan pertanyaan terbuka dan memberi kesempatan siswa merespon, menganalisis ragam gerak bersama dengan kelompok yang telah dibentuk melalui tahap mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data kemudian membuktikannya melalui presentasi. Hasil pengamatan siswi dalam proses pembelajaran tari halibambang menggunakan model discovery learning memperoleh nilai ratarata 66 dengan kriteria cukup. Hasil tes praktik kemampuan siswa dalam menari halibambang tergolong dalam kriteria baik dengan rata- rata nilai 76,88. Kata Kunci : Pembelajaran, Model Discovery Learning, Tari Halibambang ABSTRACT Formulation of the problem in this research was how the learning process and learning outcomes of halibambang dance learning using discovery learning model in extracurricular activities at SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The study aims to describe was the learning process and student learning outcomes of halibambang dance learning using discovery learning model in extracurricular activities at SMP Negeri 8 Bandar Lampung. This research used descriptive qualitative research. Source of data in this study were 15 eight grade student who participated in extracurricular and teacher. Data collection techniques in this research is observation, interview and documentation. The research instrument used, observation guide, interview guide and documentation guide. The theory in this research is the theory constructivism. Theory constructivism in application to students during the learning process of dance. Learning dance halibambang using a model of discovery learning begins with the stage that students pay attention when watching the teacher demonstrate the range of motion imagery, asking open-ended questions and counts the student the opportunity to respond, analyzing the range of motion along with a group that has been formed through phase identification, data collection, data processing and then verifation through presentase. The observation of student in the learning process of rolling in the student dance with using model of discovery learning obtain an average value of 66 with a sufficient criterion. Practice test results, students' ability to dance the dance of halibambang classified in both criteria with an average value of 76,88. Keyword : Learning, Discovery Learning Model, Halibambang Dance} }