title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016) creator: INDRI KURNIAWATI , 1213021030 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self-concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016 yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Desain penelitian ini adalah pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII J yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis, namun tidak efektif untuk meningkatkan self-concept siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self-concept publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-08-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23696/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23696/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23696/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: INDRI KURNIAWATI , 1213021030 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/23696/