creators_name: INDRI KURNIAWATI , 1213021030 creators_id: indrikurniawati1771@gmail.com type: other datestamp: 2016-08-26 03:09:24 lastmod: 2016-08-26 03:09:24 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016) ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self-concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016 yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Desain penelitian ini adalah pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII J yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis, namun tidak efektif untuk meningkatkan self-concept siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self-concept date: 2016-08-15 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: INDRI KURNIAWATI , 1213021030 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23696/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23696/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23696/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf