?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+3E+DALAM+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP%0D%0APADA+MATERI+LARUTAN+NON-ELEKTROLIT%0D%0ADAN+ELEKTROLIT&rft.creator=Jahidin%2C+EKA+FITRIANA&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Hasil+observasi+di+SMA+Negeri+1+Bukit+Kemuning+ternyata+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+larutan+non-elekrolit+dan+elektrolit+masih+rendah.+Hal+ini+disebabkan+pembelajaran+yang+digunakan+adalah+pembelajaran+konvensional+dimana+guru+lebih+berperan+aktif+dan+siswa+berperan+pasif+sehingga+kemampuan+belajar+siswa+kurang+dapat+berkembang.+Oleh+karena+itu%2C+dirancang+pembelajaran+dengan+menerapkan+model+LC+3E.%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+LC+3E+dalam+meningkatkan+penguasaan+konsep+pada+materi+pokok+larutan+non-elektrolit+dan+elektrolit.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+1+Bukit+Kemuning+semester+genap+Tahun+2012-2013+dengan+kelas+X3+dan+X4+sebagai+sampel.+Metode+penelitian+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+Non+Equivalent+(Pretest+and+Posttest)+Control+Group+Design.%0D%0AHipotesis+dalam+penelitian+ini+yaitu+rata-rata+penguasaan+konsep+materi+larutan+non-elektrolit+dan+elektrolit+menggunakan+pembelajaran+konvensional+lebih%0D%0Arendah+dibandingkan+penguasaan+konsep+pembelajaran+LC+3E.+Berdasarkan+uji+hipotesis%2C+diketahui+bahwa+kelas+dengan+model+pembelajaran+konvensional+memiliki+penguasaan+konsep+siswa+lebih+rendah+dibandingkan+kelas+dengan+pembelajaran+LC+3E.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+nilai+rerata+n-Gain+penguasaan+konsep+untuk+kelas+kontrol+dan+eksperimen+masing-masing+0%2C37+dan+0%2C54+berdasarkan+kriteria+n-Gain+maka+termasuk+kategori+sedang.+Nilai+t+hitung+(2%2C23)+%3E+t+tabel(1%2C68).+N-Gain+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+LC+3E+lebih+efektif+dalam+meningkatkan+penguasaan+konsep+siswa+dibandingkan+pembelajaran+konvensional.%0D%0AKata+kunci%3A+model+LC+3E%2C+penguasaan+konsep%2C+larutan+non-elektrolit+dan+elektrolit&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F1%2F2.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F2%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F3%2F3.%2520HLM.%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F4%2F5.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F5%2F10.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F6%2FBAB%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F12%2F3.%2520LAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Jahidin%2C+EKA+FITRIANA++(2013)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+3E+DALAM+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP+PADA+MATERI+LARUTAN+NON-ELEKTROLIT+DAN+ELEKTROLIT.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F237%2F