TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2371 UR - http://digilib.unila.ac.id/2371/ A1 - HENI WIJI ASTUTI, - Y1 - 2014/07/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Make a Match dan 2) perbedaan efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe TGT dan tipe Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kotabumi sebanyak 105 siswa. sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Teknik pengambilan data yaitu dengan tes (pretest dan postest). Pengujian hipotesis pertama menggunakan T-Test Dua Sampel Independent dengan Polled Varians dan untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus efektifitas manual. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Hipotesis pertama yaitu Rata-rata hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Make a Match. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai 80,34 > 75,36 dan Thitung 2,82 > Ttabel 1,99. Sedangkan untuk hipotesis kedua dengan perhitungan manual dengan rumus N-Gain diperoleh hasil keefektifan yaitu 0,52 > 0,43 adalah 1,2 yang artinya penggunaan model TGT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Make a Match, dan Tipe PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTABUMI AV - restricted ER -