%0 Generic %A RAHMAD HIDAYAT , 1013053073 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23747 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 1 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG TP 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23747/ %X ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi (kelas IV, kelas V, dan kelas VI) SD Negeri 1 Sumur Putri Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest–posttest non equivalent control group design. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : pengaruh, pendekatan kontekstual, hasil belajar.