TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23748 UR - http://digilib.unila.ac.id/23748/ A1 - REYSTI BETHARIA ERINDA , 1213021059 Y1 - 2016/08/12/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandarlampung. Desain penelitian ini adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam lima kelas. Melalui teknik Purposive Sampling terpilihlah kelas X MIA 4 dan X MIA 5 sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif, think pair share PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -