%0 Generic %A YUNITA , 1113254020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23752 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B PAUD WIJAYA KESUMA KELURAHAN WAYTATAAN KECAMATAN TELUK BETUNG TIMUR BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/23752/ %X ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa lisan anak usia dini belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui bermain peran pada kelompok B PAUD Wijaya Kesuma Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data di lakukan dengan analisis diskriptif kuantitatif. Dengan membandingkan data dari kondisi awal yaitu dari siklus 1, siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan ini terlihat dari meningkatnya kemampuan berbahasa lisan pada siklus I yang semula hanya 18,75 persen yang berkembang sesuai harapan meningkat menjadi 25,00 persen pada siklus II bahkan juga berkembang sangat baik 12,50 persen, dan pada siklus III lebih meningkat lagi yakni 12,50 persen yang berkembang sesuai harapan, dan 75.00 persen yang berkembang sangat baik. Ini berarti bahwa kegiatan bermain peran mampu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan bermain peran ternyata mampu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Berbahasa Lisan, Bermain Peran.