@misc{eprints23758, month = {Agustus}, title = {HUBUNGAN SELF EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016 }, author = {(1213024031) Hesti Miranti}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23758/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik self efficacy siswa, perbedaan self efficacy antara siswa laki-laki dan siswa perempuan serta hubungan self efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP se-Kecamatan Teluk Betung Selatan. Desain penelitian ini berupa desain deskriptif sederhana dan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa skor hasil tes siswa mata pelajaran IPA yang telah dipelajarinya. Data kualitatif berupa karakteristik self-efficacy yang dimiliki siswa berdasarkan kuisioner siswa. Analisis data dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney U dan uji Kendall?s Tau. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik self efficacy yang dimiliki siswa secara keseluruhan berkriteria ?tinggi?. Tidak terdapat perbedaan secara nyata antara self efficacy baik ranah akademik, sosial, emosional, dan self efficacy secara umum antara siswa laki-laki dan perempuan (nilai uji {\ensuremath{>}} 0.05). Self efficacy ranah akademik, sosial, dan secara keseluruhan lebih tinggi siswa perempuan dibandingkan siswa laki-laki sedangkan self efficacy ranah emosional, siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. Tidak terdapat hubungan self efficacy dengan hasil belajar pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan (nilai signifikansi {\ensuremath{>}} 0.05). Kata kunci: gender, hasil belajar, self-efficacy } }