creators_name: AGUNG DIAN PUTRA, 1213024001 creators_id: agung.dianputra@yahoo.com type: other datestamp: 2016-08-31 03:18:00 lastmod: 2016-08-31 03:18:00 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016) ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik self-efficacy siswa, mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan mengetahui hubungan selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 45 % siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung yang berjumlah 390 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk karakteristik self-efficacy siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mempunyai self-efficacy “tinggi” (73,26% ± iii 0,43). Self-efficacy antar gender berbeda signifikan dengan nilai self-efficacy siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa, yaitu semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi hasil belajarnya. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah “sangat rendah”. Dengan demikian, self-efficacy siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy date: 2016-08-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: AGUNG DIAN PUTRA, 1213024001 (2016) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23759/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23759/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23759/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf