title: DESKRIPTIF PENYEDIAAN LINGKUNGAN OUTDOOR SEBAGAI PENUNJANG AKTIVITAS BERMAIN ANAK DI PAUD KECAMATAN TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016 creator: ANNISA NURWIDIYAWATI, (1213054010) subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah beberapa sekolah yang belum menyediakan lingkungan outdoor yang kondusif untuk menunjang aktivitas bermain anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyediaan lingkungan outdoor sebagai penunjang aktivitas bermain anak di PAUD Kecamatan Tumijajar Kbupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 93 guru, dengan sampel 52 guru dari 13 PAUD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dengan sistem random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisoner (angket) dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan ketiga indikator dalam penyediaan lingkungan outdoor, guru kurang baik dalam menyediakan sarana bermain outdoor, guru sudah baik dalam memanfaatkan sarana bermain outdoor dan guru kurang baik dalam mengelola lingkungan outdoor. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penyediaan lingkungan outdoor sebagai penunjang aktivitas bermain anak di PAUD Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat “kurang baik”. Kata kunci : Outdoor, Bermain, Anak Usia Dini. abstract The problem in this research was the number of preschools that have not yet been provides outdoor environmental that conducive to support the children play activity. The purpose of research for descrition the provision of outdoor environment as children play activity supporting in preschool Tumijajar subdistricts Tulang Bawang Barat regency. This research was kind of descriptive research. The population in this research were 93 teachers with 52 teachers as sample from 13 preschool. The sampling techniques used is cluter sampling with a system of random sampling. The was collected using the questionnaires and document. The data was analyzed using quantitative descriptive analysis precentage. The results of research was indicated from the thrid indicators in providing environment outdoor, the teachers already not good in providing the surroundings to play outdoor, teachers good enough in utilize the surrounding to play outdoor and teachers not good enough in managing outdoor environment. The provision of outdoor environment as children play activity supporting in preschool Tumijajar subdistricts Tulang Bawang Barat regency "not quite good" Keywords : outdoor, play, early childhood. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2016-08-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23768/1/ABSTRACT%20%28ABSTRAK%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23768/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23768/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ANNISA NURWIDIYAWATI, (1213054010) (2016) DESKRIPTIF PENYEDIAAN LINGKUNGAN OUTDOOR SEBAGAI PENUNJANG AKTIVITAS BERMAIN ANAK DI PAUD KECAMATAN TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/23768/