TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23796 UR - http://digilib.unila.ac.id/23796/ A1 - SYAFURA AUDINA, 1213054083 Y1 - 2016/07/25/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini kelompok B di TK Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini kelompok B. Metode yang digunakan adalah metode Korelasional. Populasinya adalah semua siswa kelompok B TK Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. Variabel bebas yaitu penerapan metode eksperimen (x) sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan mengenal konsep sains (y).Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis uji sperman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara penerapan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi spearman rank sebesar 0,702. Kata Kunci: anak usia dini, metode eksperimen, kemampuan mengenal konsep sains ABSTRACT The problem in this research was lack of ability to recognize the science concept of early childhood in group B at Tunas Harapan Tempuran kindergarten Lampung Tengah.. The objective of this research was to find out the relation of application experimental method with the ability to recognize the science concept of early childhood group B. The method that used is correlational?s method. The population is all of students group B at Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. The independent variabel is application experimental method (x), while the dependent variable is the ability to recognize the science concept (y). The techniques of data collection using observation and documentation. The analyzed of data collection using Spearman Rank test analysis. The result showed that there is a relationship of experimental method application with with the ability to recognize the science concept. This evidenced from the calculation of the Spearman Rank correlation as much as 0,702. Keyword : experimental method, the ability to recognize the science concept. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN TEMPURAN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -