?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+5E%0D%0APADA+MATERI+ASAM+BASA+DALAM+MENINGKATKAN%0D%0AKETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN%0D%0ADAN+PENGUASAAN+KONSEP&rft.creator=Hermansyah%2C+EMALIYA+SAFITHRI&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendekripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+Learning+Cycle+5E+pada+materi+asam+basa+dalam+meningkatkan+keterampilan+mengkomunikasikan+dan+penguasaan+konsep.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+Non-Equivalent+(Pretest-Posttest)+Control+Group+Design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMAN+1+Kotaagung%2C+dengan+kelas+XI+IPA1+dan+kelas+XI+IPA2+sebagai+sampel.+Efektivitas+model+pembelajaran+Learning+Cycle+5E+diukur+berdasarkan+perbedaan+n-Gain+yang+signifikan.+Hasil+penelitian+menunjukkan+rerata+n-Gain+keterampil-an+mengkomunikasikan+untuk+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C81+dan+0%2C71%3B+serta+rerata+n-Gain+penguasaan+konsep+untuk+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C68+dan+0%2C45.+Berdasarkan+pengujian+hipotesis+menggunakan+uji-t%2C+didapat+kesimpulan+bahwa+model+pembelajaran+Learning+Cycle+5E+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan+mengkomunikasikan+dan+penguasaan+konsep.%0D%0AKata+kunci%3A+keterampilan+mengkomunikasikan%2C+model+pembelajaran+Learning%0D%0ACycle+5E%2C+dan+penguasaan+konsep.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F3%2F4.%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F4%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F5%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F6%2FBAB%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F7%2FBAB%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F8%2FBAB%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F9%2FBAB%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F10%2FBAB%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Hermansyah%2C+EMALIYA+SAFITHRI++(2013)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+5E+PADA+MATERI+ASAM+BASA+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN+DAN+PENGUASAAN+KONSEP.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F238%2F