TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints238 UR - http://digilib.unila.ac.id/238/ A1 - Hermansyah, EMALIYA SAFITHRI Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kotaagung, dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 sebagai sampel. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rerata n-Gain keterampil-an mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,81 dan 0,71; serta rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,68 dan 0,45. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran Learning Cycle 5E, dan penguasaan konsep. PB - Fakultas KIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP AV - restricted ER -