<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING"^^ . "Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen performance assessment\r\nberbasis scientific approach pada pembelajaran Fisika dengan model Project\r\nBased Learning serta mendeskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan\r\npenggunaan instrumen yang dikembangkan menurut pendapat guru. Desain\r\npengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development\r\ndengan model pengembangan Borg & Gall (2013) dengan langkah-langkah (1)\r\nanalisis penelitian, analisis kebutuhan dan pembuktian konsep, (2) perencanaan\r\nproduk dan desain, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan awal, (5)\r\nrevisi produk, (6) uji lapangan besar. Pada penelitian ini terdapat dua subjek, yaitu\r\nsubjek penelitian, yaitu performance assessment berbasis scientific approach dan\r\nsubjek uji coba produk.\r\nSubjek uji coba ahli, yaitu dua orang ahli instrumen yang menguji konstruksi,\r\nsubstansi dan bahasa. Subjek uji coba produk adalah 3 guru Fisika di 3 SMA\r\nnegeri, yaitu SMAN 9, SMAN 2 dan SMAN 3 Bandar Lampung dan subjek uji\r\ncoba pemakaian adalah 2 guru Fisika di masing-masing 5 SMA negeri di Bandar\r\nLampung, yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 9 dan MAN 1 Bandar\r\nLampung. Dalam hal ini guru diminta untuk mengisi angket uji kesesuaian,\r\nkemudahan, dan kemanfaatan instrumen. Selain itu, dilakukan juga wawancara\r\nmengenai instrumen hasil pengembangan.\r\nHasil analisis data menunjukkan persentase pendapat guru mengenai instrumen\r\nhasil pengembangan. Pendapat mengenai kesesuaian instrumen sebesar 83,13%\r\nyang berarti sangat tinggi, kemudahan sebesar 80,0% yang berarti sangat tinggi,\r\ndan kemanfaatan sebesar 85,0% yang berarti sangat tinggi. Penilai menganggap\r\nEmilia Constanti Nova\r\ninstrumen ini sanggat sesuai dalam menilai kinerja siswa khususnya dalam proses\r\nkegiatan pembuatan teropong karena rubrik yang ada pada instrumen sudah dapat\r\nmenilai setiap tahap proses pembelajaran, dan penilai berpendapat bahwa\r\ninstrumen performance assessment mudah untuk digunakan karena kalimat dan\r\nbahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti serta lembar penilaian sudah\r\nmemuat komponen secara rinci seperti KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran\r\ndalam satu halaman sehingga tidak merepotkan guru saat melakukan penilaian.\r\nSelain itu, penilai juga berpendapat bahwa instrumen performance assessment\r\nsangat bermanfaat karena dapat membatu guru dalam menilai kinerja siswa. Hal\r\nitu berarti bahwa instrumen sudah sesuai, mudah, dan bermanfaat untuk\r\ndigunakan.\r\nKata kunci: instrumen performance assessment, pembelajaran Fisika,\r\nscientific approach, model Project Based Learning\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThis research aims to develop performance assessment instrument based on a\r\nscientific approach to the physics learning model of Project Based Learning and\r\ndescribe the suitability, ease and expediency use of instruments developed in the\r\nopinion of the teacher. Design development carried out in the Research and\r\nDevelopment with the development model Borg and Gall (2013) with the\r\nfollowing steps: (1) the research analysis, requirements analysis and proof of\r\nconcept; (2) the product planning and design; (3) the initial product development;\r\n(4) the initial field test; (5) The revision of the product; (6) a large field test. In\r\nthis In this research, there are two subjects, namely the subject of research that is\r\nperformance-based assessment of the scientific approach and the subject of\r\nproduct trials.\r\nSubject trial expert that two experts were examining the construction of the\r\ninstrument, the substance and language. While the subject of product trials are\r\nthree teachers of Physics at 3 SMA country namely, SMAN 9, SMAN 2 and\r\nSMAN 3 Bandar Lampung and the subject of utility testing is 2 Physics teacher in\r\neach of the 5 SMA land in Bandar Lampung SMAN 1, SMAN 2 , SMAN 3,\r\nSMAN 9 and SMAN 1 Bandar Lampung. After using the instrument teachers\r\nwere asked to complete a questionnaire test of suitability, ease and expediency\r\ninstruments other than do interviews regarding instrument development results.\r\nThe results of data analysis showed the percentage of teachers' opinions regarding\r\ninstrument development results. Opinion regarding the suitability of the\r\ninstrument of 83.13% which is extremely high, the ease of 80.0% which is\r\nextremely high, and the expediency of 85.0%, which means very high. Appraisers\r\nconsider these instruments sanggat appropriate in assessing the performance of\r\nstudents, especially in the process of manufacture of binoculars for existing\r\nsections on the instrument has been able to assess every stage of the learning\r\nEmilia Constanti Nova\r\nprocess, and also appraisers found the instrument performance assessment is easy\r\nto use because of the sentence and the language used is easy to in the\r\nunderstanding and assessment sheet already contains detailed supplies such as KI,\r\nKD, indicators, learning objectives in one page so it does not bother the teacher\r\nwhen assessing, in addition, the assessor also argues that the instrument\r\nperformance assessment is useful because it petrified teachers in assessing student\r\nperformance. It means that the instrument is appropriate, easy, and rewarding to\r\nuse.\r\nkeyword : Performance Assessment, assessment instrument, Scientific Approach,\r\nProject Based Learning Model"^^ . "2016-08-03" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1423022005"^^ . "EMILIA CONSTANTI NOVA "^^ . "1423022005 EMILIA CONSTANTI NOVA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (ABSTRACT).pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE\r\nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI\r\nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT\r\nBASED LEARNING (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23844 \n\nPENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN PERFORMANCE \nASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI \nSCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROJECT \nBASED LEARNING\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .