%0 Generic %A AFRIANI , 1213022001 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23854 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG %U http://digilib.unila.ac.id/23854/ %X Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan berkomunikasi sains dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang; (2) pengaruh sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang; dan (3) pengaruh keterampilan berkomunikasi sains dan sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Muhammaadiyah 1 Way Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dengan desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh antara keterampilan berkomunikasi sains dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 25%; (2) terdapat pengaruh antara sikap ilmiah Afriani dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 44,6%; dan (3) terdapat pengaruh antara keterampilan berkomunikasi sains dan sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 46,9%. Kata kunci: keterampilan berkomunikasi sains, penguasaan konsep getaran dan gelombang, sikap ilmiah, problem based learning.