TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23872 UR - http://digilib.unila.ac.id/23872/ A1 - ALIFTYA KHAIRUNNISA, 1213053011 Y1 - 2016/08/23/ N2 - ABSTRAK Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di SD Negeri 8 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe talking stick pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar 55% kategori ?cukup aktif? dan meningkat pada siklus II menjadi 77,5% kategori ?aktif?. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siklus I sebesar 52,5% kategori ?cukup baik? meningkat pada siklus II menjadi 80% kategori ?baik?. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 60% kategori ?terampil? meningkat pada siklus II menjadi 85% kategori ?sangat terampil?. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 70% kategori ?tinggi? meningkat pada siklus II menjadi 85% kategori ?tinggi?. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, talking stick. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK SISWA KELAS V A SD NEGERI 8 METRO SELATAN AV - restricted ER -