TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23873 UR - http://digilib.unila.ac.id/23873/ A1 - FIKA DEWI , 1213053051 Y1 - 2016/08/24/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Raman Endra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut berdasarkan uji hipotesis melalui Independent Sample t-test yang menunjukan nilai sign 2-tailed= 0,017 < ? = 0,05 dan thitung = 2,506 > ttabel = 2,028. Kata kunci: numbered head together, hasil belajar, matematika. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 RAMAN ENDRA TP. 2015/2016 AV - restricted ER -