TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23874 UR - http://digilib.unila.ac.id/23874/ A1 - LIA WAHIDAH , 1213053063 Y1 - 2016/08/25/ N2 - ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Terdapat 15 orang siswa (58%) dari 26 orang siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 53,89. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,04 dengan kategori ?baik? meningkat pada siklus II menjadi 75,03 dengan kategori ?baik?. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I sebesar 46,15% dengan kategori ?sedang? meningkat pada siklus II menjadi 88,46% dengan kategori ?sangat tinggi? Kata kunci: hasil belajar, IPS, team games tournament. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 METRO BARAT AV - restricted ER -