title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN creator: FETI RIANTIKA , 1213053050 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model cooperative learning tipe make a match, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai sign two tail test = 0,037 < α = 0,05. Jika dibandingkan dengan nilai thitung = 2,160 > ttabel = 2,021, maka H1 diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, hasil belajar, matematika publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-08-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23875/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23875/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23875/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FETI RIANTIKA , 1213053050 (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/23875/