%A 1213053050 FETI RIANTIKA %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN %X ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model cooperative learning tipe make a match, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai sign two tail test = 0,037 < ? = 0,05. Jika dibandingkan dengan nilai thitung = 2,160 > ttabel = 2,021, maka H1 diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, hasil belajar, matematika %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23875