title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester GenapTahun Pelajaran 2015/2016) creator: MILA ALIFIA HAMDALAH , 1213021041 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa yang mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dibandingkan dengan konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Representasi Matematis, selfconfidence publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-08-31 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23881/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23881/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23881/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MILA ALIFIA HAMDALAH , 1213021041 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester GenapTahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/23881/