TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23881 UR - http://digilib.unila.ac.id/23881/ A1 - MILA ALIFIA HAMDALAH , 1213021041 Y1 - 2016/08/31/ N2 - ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa yang mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dibandingkan dengan konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Representasi Matematis, selfconfidence PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester GenapTahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -