?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+PENDEKATAN+MULTI+REPRESENTASI+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+KOGNITIF+SISWA+PADA+MATERI%0D%0ASISTEM+PENCERNAAN%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+1+Natar%0D%0ATahun+Pelajaran+2015%2F2016)&rft.creator=FARHANAH+%2C+1213024022&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+pendekatan+multi%0D%0Arepresentasi+terhadap+kemampuan+kognitif+siswa.+Penelitian+dilakukan+di+SMAN%0D%0A1+Natar+untuk+siswa+kelas+XI+tahun+pelajaran+2015%2F2016%2C+merupakan+studi%0D%0Aeksperimen+dengan+desain+pretes-postes+equivalen.+Sampel+dalam+penelitian+ini%0D%0Aadalah+siswa+kelas+XI+IPA4+sebagai+kelas+eksperimen+dan+XI+IPA1+sebagai+kelas%0D%0Akontrol+yang+dipilih+dengan+teknik+Purposive+sampling.+Data+kuantitatif+berupa%0D%0Akemampuan+kognitif+oleh+siswa%2C+diperoleh+dari+pretes+dan+postes+yang+dianalisis%0D%0Amenggunakan+Uji-t+dan+Uji+U+pada+taraf+kepercayaan+5%25+dengan+bantuan+SPSS%0D%0Aversi+17.+Data+kualitatif+berupa+tanggapan+siswa+terhadap+penerapan+pendekatan%0D%0Amulti+representasi+diperoleh+dari+angket+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+yang+didapatkan%2C+bahwa+rata-rata+N-gain+siswa+kelas+eksperimen%0D%0Alebih+tinggi+(43%2C71)+dan+berbeda+signifikan+dengan+kelas+kontrol+(35%2C40).+Hasil%0D%0Ahasil+uji+Mann-Whitney+U+pada+pretes+nilai+probabilitas+0%2C557+%3E+0%2C05.+Hasil+postes%0D%0Aiii%0D%0Amenggunakan+uji+Mann-Whitney+U+yaitu+nilai+probabilitas+0%2C004+%3C+0%2C05.+Nilai+Ngain%0D%0Apretes-postes+hasil+uji+t1+(3%2C072)+%3E+tt(1%2C664)+dan+t2(5%2C077)+%3E+tt(1%2C682).Hasil+analisis+ratarata%0D%0Anilai+N-gain+setiap+indikator+soal+pada+kelas+eksperimen+juga+mengalami%0D%0Aperbedaan+yang+signifikan+pada+indikator+soal+C1+nilai+probabilitas+0%2C024+%3C+0%2C05%2C%0D%0Aindikator+C2+nilai+probabilitas+0%2C013+%3C+0%2C05%2C+indikator+C3+hasil+uji+t1+(5%2C118)+%3E+tt(1%2C664)%0D%0Adan+t2+(8%2C236)+%3E+tt(1%2C663)%2C%2C+serta+indikator+C4+nilai+probabilitas+0%2C000+%3C+0%2C05.+Selain+itu%2C%0D%0Asiswa+juga+memberikan+tanggapan+positif+bahwa+penerapan+pendekatan+multi%0D%0Arepresentasi+memudahkan+siswa+dalam+berinteraksi+dengan+teman+(90%2C48+%25).%0D%0ASebagian+besar+siswa+(88%2C10+%25)+menyatakan+lebih+mudah+memahami+materi+yang%0D%0Adipelajari+melalui+pendekatan+multi+representasi%2C+dan+(92%2C86+%25)+siswa+juga%0D%0Amenyatakan+lebih+mudah+mengerjakan+soal-soal+setelah+belajar+melalui%0D%0Apendekatan+multi+representasi.+Dengan+demikian%2C+penerapan+pendekatan+multi%0D%0Arepresentasi+dalam+pembelajaran+berpengaruh+terhadap+peningkatan+kemampuan%0D%0Akognitif+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+Kognitif%2C+multi+representasi%2C+dan+sistem+pencernaan&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2016-09-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23898%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23898%2F19%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23898%2F18%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++FARHANAH+%2C+1213024022++(2016)+PENERAPAN+PENDEKATAN+MULTI+REPRESENTASI+TERHADAP+KEMAMPUAN+KOGNITIF+SISWA+PADA+MATERI+SISTEM+PENCERNAAN+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+1+Natar+Tahun+Pelajaran+2015%2F2016).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23898%2F