<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan multi\r\nrepresentasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMAN\r\n1 Natar untuk siswa kelas XI tahun pelajaran 2015/2016, merupakan studi\r\neksperimen dengan desain pretes-postes equivalen. Sampel dalam penelitian ini\r\nadalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA1 sebagai kelas\r\nkontrol yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data kuantitatif berupa\r\nkemampuan kognitif oleh siswa, diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis\r\nmenggunakan Uji-t dan Uji U pada taraf kepercayaan 5% dengan bantuan SPSS\r\nversi 17. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan\r\nmulti representasi diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif.\r\nHasil penelitian yang didapatkan, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen\r\nlebih tinggi (43,71) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (35,40). Hasil\r\nhasil uji Mann-Whitney U pada pretes nilai probabilitas 0,557 > 0,05. Hasil postes\r\niii\r\nmenggunakan uji Mann-Whitney U yaitu nilai probabilitas 0,004 < 0,05. Nilai Ngain\r\npretes-postes hasil uji t1 (3,072) > tt(1,664) dan t2(5,077) > tt(1,682).Hasil analisis ratarata\r\nnilai N-gain setiap indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami\r\nperbedaan yang signifikan pada indikator soal C1 nilai probabilitas 0,024 < 0,05,\r\nindikator C2 nilai probabilitas 0,013 < 0,05, indikator C3 hasil uji t1 (5,118) > tt(1,664)\r\ndan t2 (8,236) > tt(1,663),, serta indikator C4 nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Selain itu,\r\nsiswa juga memberikan tanggapan positif bahwa penerapan pendekatan multi\r\nrepresentasi memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan teman (90,48 %).\r\nSebagian besar siswa (88,10 %) menyatakan lebih mudah memahami materi yang\r\ndipelajari melalui pendekatan multi representasi, dan (92,86 %) siswa juga\r\nmenyatakan lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar melalui\r\npendekatan multi representasi. Dengan demikian, penerapan pendekatan multi\r\nrepresentasi dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan\r\nkognitif siswa.\r\nKata kunci : Kognitif, multi representasi, dan sistem pencernaan"^^ . "2016-09-15" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "1213024022"^^ . "FARHANAH "^^ . "1213024022 FARHANAH "^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI\r\nSISTEM PENCERNAAN\r\n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar\r\nTahun Pelajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #23898 \n\nPENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP \nKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI \nSISTEM PENCERNAAN \n(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar \nTahun Pelajaran 2015/2016)\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .