TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23898 UR - http://digilib.unila.ac.id/23898/ A1 - FARHANAH , 1213024022 Y1 - 2016/09/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Natar untuk siswa kelas XI tahun pelajaran 2015/2016, merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan kognitif oleh siswa, diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji U pada taraf kepercayaan 5% dengan bantuan SPSS versi 17. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan multi representasi diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (43,71) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (35,40). Hasil hasil uji Mann-Whitney U pada pretes nilai probabilitas 0,557 > 0,05. Hasil postes iii menggunakan uji Mann-Whitney U yaitu nilai probabilitas 0,004 < 0,05. Nilai Ngain pretes-postes hasil uji t1 (3,072) > tt(1,664) dan t2(5,077) > tt(1,682).Hasil analisis ratarata nilai N-gain setiap indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami perbedaan yang signifikan pada indikator soal C1 nilai probabilitas 0,024 < 0,05, indikator C2 nilai probabilitas 0,013 < 0,05, indikator C3 hasil uji t1 (5,118) > tt(1,664) dan t2 (8,236) > tt(1,663),, serta indikator C4 nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif bahwa penerapan pendekatan multi representasi memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan teman (90,48 %). Sebagian besar siswa (88,10 %) menyatakan lebih mudah memahami materi yang dipelajari melalui pendekatan multi representasi, dan (92,86 %) siswa juga menyatakan lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar melalui pendekatan multi representasi. Dengan demikian, penerapan pendekatan multi representasi dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa. Kata kunci : Kognitif, multi representasi, dan sistem pencernaan PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -