@misc{eprints23913, month = {September}, title = {STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {1213054027 ELMIRA RATNASARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23913/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan keterampilan proses sains anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung, dengan fokus penelitian (1) Keterampilan mengamati; (2) Keterampilan mengklasifikasi/menggolongkan; (3) Keterampilan mengkomunikasikan; (4) Keterampilan meramalkan/ prediksi; (5) Keterampilan inferensi/menyimpulkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri atas pengawasan guru dan kepala sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung. Hasil penelitian: (1) Pengembangan keterampilan mengamati, guru mengembangannya menggunakan media dan mengikut sertakan anak dalam kegiatan sains. (2) Pengembangan keterampilan mengklasifikasi, guru mengembangkannya dengan membuat permainan kelompok dan menggunakan alat bantu memperlancar permainan dengan menggunakan media (3) Pengembangan keterampilan mengkomunikasikan, guru mengembangkannya dengan tanya jawab bersama anak (4) Pengembangan keterampilan prediksi/meramalkan, guru mengembangkannya dengan melakukan tanya jawab kepada anak saat kegiatan berlangsung, selalu membuat percobaanpercobaan sains dan mengulas kembali pembelajaran sains yang sudah dipelajari (5) Keterampilan inferensi/ menyimpulkan, guru mengembangkannya dengan bertanya setelah anak mengamati sains, membuat anak menyimpulkan hasil kegiatan sains. Kata Kunci: Anak usia dini, keterampilan, sains abstract This research aims to describe the science process skills development for early child hood in TK Dharma Wanita Persatuan Lampung Province, with focus on (1) Observe skills (2) Classify skills (3) Communicate skills (4) predict skills (5) conclude skills. Research method used is qualitative approach with study design case. Data collection through interviews and documentation. The data source consists of supervision of teacher and principal. RESULTS: (1) Observing skills development, teacher develop that skill using media and invited to participate in science activities. (2) Classifying skills developmen, teacher develop it by making a game group and using tools to make the game easy by using media (3) Communicating skill development, teacher develop with question and answer session with child. (4) predictions skills development, the teacher develop it by using question and answer to child when the activities, always making science lessons that have been learned.(5) conclude skills, teachers develop with ask some questions after child observes science, make child conclude the result of science activities. Keywords: Early childhood, skill, science} }