%0 Generic %A JENNI AYUNINGTYAS, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2393 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 28 %U http://digilib.unila.ac.id/2393/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Make A Match (MAM) dan model pembelajaran manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe MAM pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 28 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung yang berjumlah 192 orang siswa dengan sampel sebanyak 46 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus T-test dua sampel independen dan untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus efektifitas N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Fhitung > Ftabel yaitu (2,48) > (2,01) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antar siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. 2. Berdasarkan pengujian diketahui hasil N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada N-gain kelas kontrol yaitu (0,60 > 0,51) dan uji t (kesamaan dua rata-rata) N-gain yaitu thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima yang berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe Make a Match.