<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO"^^ . "Penelitian dan pengembangan ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep\r\nfisika dan keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan menerapkan model\r\npembelajaran konseptual saintifik. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap,\r\nyaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan ujicoba lapangan penerapan\r\nmodel pembelajaran. Tahap studi pendahuluan terdiri atas studi literatur, temuan\r\nlapangan, dan deskripsi pengungkapan model pembelajaran saat ini. Tahap\r\npengembangan model menghasilkan prototipe model pembelajaran konseptual\r\nsaintifik berbasis representasi jamak yang memiliki sintaks berakronim\r\nATERAKSI (amati, tanyakan, eksperimenkan, representasikan, ambil kesimpulan,\r\ndan evaluasi). Tahap ujicoba lapangan model dilaksanakan melalui ujicoba\r\nterbatas dan ujicoba lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi\r\npeningkatan prestasi KPS dan penguasaan konsep fisika pada siswa kelas\r\neksperimen yang signifikan, masing-masing sebesar 54% dan 73% dari nilai ratarata\r\nsebelumnya (pretes) dan berbeda sebesar 32% dan 66% dari kelas kontrol.\r\nRespon sikap siswa terhadap diterapkannya model pembelajaran ini rata-rata\r\nadalah 78% dengan kategori baik. Model pembelajaran konseptual saintifik\r\nberbasis representasi jamak berkategori cukup efektif diterapkan dalam\r\npembelajaran dengan nilai rata-rata N-gain untuk prestasi KPS dan penguasaan\r\nkonsep fisika masing-masing adalah sebesar 0,51 dan 0,62.\r\nKata kunci: penelitian dan pengembangan, model konseptual saintifik,\r\nrepresentasi jamak, penguasaan konsep, dan KPS\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nThe research and development is aimed to improve understanding physics\r\nconcepts and students’s Science Process Skills (SPS) with used scientificconceptual\r\nlearning model. This research was conducted through three stages,\r\nnamely the preliminary study, development, and field testing of learning model.\r\nThe preliminary study stage consisted of literatures study, field survey, and\r\ndescription of disclosure learning model currently. The development stage\r\nproduced a prototype of scientific-conceptual learning model with multiple\r\nrepresentations based. It have learning syntaxs consists are observing, asking,\r\nexperimenting, representing, conclusing, and evaluating. Field testing stage was\r\nconducted through limited testing and fields testing. The results showed that\r\nstudents’s KPS achievement and students’s understanding physics concepts have\r\nbeen increased significantly for experiment students grade, respectively are 54%\r\nand 73% from average pretest, varies are 32% and 66% from control class. The\r\naverage students attitude responses towards that implementation of learning model\r\nis 78% at good category. Scientific conceptual learning model with multiple\r\nrepresentations based is quite effectively to applied in teaching with average Ngain\r\nfor students’s SPS achievement and understanding physics concepts,\r\nrespectively are 0.51 and 0.62.\r\nKeywords: research and development, scientific-conceptual learning models,\r\nmultiple representations, understanding of physics concepts, and SPS."^^ . "2016-08-16" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . " 1423022015"^^ . " TAUFIK NURROHMAN"^^ . " 1423022015 TAUFIK NURROHMAN"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT (ABSTRAK).pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL\r\nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK\r\nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA\r\nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA\r\nKELAS X SMAN 1 KALIREJO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23932 \n\nPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL \nSAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK \nPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA \nDAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA \nKELAS X SMAN 1 KALIREJO\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .