TY - THES ID - eprints23932 UR - http://digilib.unila.ac.id/23932/ A1 - TAUFIK NURROHMAN, 1423022015 Y1 - 2016/08/16/ N2 - Penelitian dan pengembangan ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan menerapkan model pembelajaran konseptual saintifik. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan ujicoba lapangan penerapan model pembelajaran. Tahap studi pendahuluan terdiri atas studi literatur, temuan lapangan, dan deskripsi pengungkapan model pembelajaran saat ini. Tahap pengembangan model menghasilkan prototipe model pembelajaran konseptual saintifik berbasis representasi jamak yang memiliki sintaks berakronim ATERAKSI (amati, tanyakan, eksperimenkan, representasikan, ambil kesimpulan, dan evaluasi). Tahap ujicoba lapangan model dilaksanakan melalui ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan prestasi KPS dan penguasaan konsep fisika pada siswa kelas eksperimen yang signifikan, masing-masing sebesar 54% dan 73% dari nilai ratarata sebelumnya (pretes) dan berbeda sebesar 32% dan 66% dari kelas kontrol. Respon sikap siswa terhadap diterapkannya model pembelajaran ini rata-rata adalah 78% dengan kategori baik. Model pembelajaran konseptual saintifik berbasis representasi jamak berkategori cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata N-gain untuk prestasi KPS dan penguasaan konsep fisika masing-masing adalah sebesar 0,51 dan 0,62. Kata kunci: penelitian dan pengembangan, model konseptual saintifik, representasi jamak, penguasaan konsep, dan KPS ABSTRACT The research and development is aimed to improve understanding physics concepts and students?s Science Process Skills (SPS) with used scientificconceptual learning model. This research was conducted through three stages, namely the preliminary study, development, and field testing of learning model. The preliminary study stage consisted of literatures study, field survey, and description of disclosure learning model currently. The development stage produced a prototype of scientific-conceptual learning model with multiple representations based. It have learning syntaxs consists are observing, asking, experimenting, representing, conclusing, and evaluating. Field testing stage was conducted through limited testing and fields testing. The results showed that students?s KPS achievement and students?s understanding physics concepts have been increased significantly for experiment students grade, respectively are 54% and 73% from average pretest, varies are 32% and 66% from control class. The average students attitude responses towards that implementation of learning model is 78% at good category. Scientific conceptual learning model with multiple representations based is quite effectively to applied in teaching with average Ngain for students?s SPS achievement and understanding physics concepts, respectively are 0.51 and 0.62. Keywords: research and development, scientific-conceptual learning models, multiple representations, understanding of physics concepts, and SPS. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL SAINTIFIK BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMAN 1 KALIREJO AV - restricted ER -