creators_name: NINI APRIYANI , 1213052024 creators_id: niniapriyani.24@gmail.com type: other datestamp: 2016-10-05 07:30:59 lastmod: 2016-10-05 07:30:59 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian adalah kemampuan komunikasi interpersonal siswa rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal dengan mengunakan layanan konseling kelompok teknik role playing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan design one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa dari kelas VIII di SMPN 3 Bandar Lampung yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal siswa dapat ditingkatkan dengan teknik role playing, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon. dari hasil pre-test dan post-test diperoleh Zhitung = −2,521 < Ztabel = 1,645 maka Ho Ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: konseling kelompok, teknik role playing dan komunikasi interpersonal. date: 2016-09-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NINI APRIYANI , 1213052024 (2016) PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23942/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23942/20/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23942/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf