%0 Generic %A Lianti Isnani, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2398 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 4 LIWA LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2398/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Liwa Lampung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Liwa Lampung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan sampel 89 siswa dan pengambilan sampel menggunakan tekhnik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linier dengan analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru terhadap aktivitas belajar; (2) Ada pengaruh sikap siswa terhadap aktivitas belajar; (3) Ada pengaruh langsung persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru terhadap hasil belajar;(4) Ada pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar; (5) Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar; (6) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar; (7) Ada pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar; (8) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap aktivitas belajar; (9) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis guru dan sikap siswa melalui aktivitas belajar terhadap hasil belajar.