@misc{eprints23983, month = {September}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016)}, author = { 1213024036 LIA LESTARI }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23983/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Natar untuk siswa kelas XI tahun pelajaran 2015/2016, ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dan X IPA5 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan kognitif siswa, diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji U dan Uji-t pada taraf kepercayaan 5\%. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap pendekatan multi representasi diperoleh dari angket dan dianalisis secara deskriptif. Lia Lestari iii Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (42,03\%) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (19,76\%). Hasil uji Mann-whitney U pada pretes p (0,917) {\ensuremath{<}} (0,050). Hasil postes menggunakan uji Mann-Whiney U p(0,000) {\ensuremath{<}} (0,050) .Nilai N-gain pretes-postes hasil uji t1 (5,738) {\ensuremath{>}} tt (1,663) dan t2(12,224) {\ensuremath{>}} tt (1,663). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain setiap indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami perbedaan yang signifikan pada indikator soal C1 nilai p (0,000) {\ensuremath{<}} (0,050), indikator soal C2 t1 (2,530) {\ensuremath{>}} tt (1.663) dan t2 (3,412) {\ensuremath{>}} tt (1.663) , serta indikator soal C4 p (0,021){\ensuremath{<}}zt (0,050). Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif, bahwa penerapan penggunaan pendekatan multi representasi memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan teman (88,09\%). Sebagian besar siswa (83,33\%) menyatakan lebih mudah memahami materi yang dipelajari melalui pendekatan multi representasi dan (92,86\%) siswa menyatakan lebih mudah mengerjakan soal-soal setealah belajar menggunakan pendekatan multi representasi. Dengan demikian, penggunaan pendekatan multi representasi dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan hasil kognitif siswa. Kata kunci : kognitif , multi representasi, sistem ekskresi} }