TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23983 UR - http://digilib.unila.ac.id/23983/ A1 - LIA LESTARI , 1213024036 Y1 - 2016/09/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Natar untuk siswa kelas XI tahun pelajaran 2015/2016, ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dan X IPA5 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan kognitif siswa, diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji U dan Uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap pendekatan multi representasi diperoleh dari angket dan dianalisis secara deskriptif. Lia Lestari iii Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (42,03%) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (19,76%). Hasil uji Mann-whitney U pada pretes p (0,917) < (0,050). Hasil postes menggunakan uji Mann-Whiney U p(0,000) < (0,050) .Nilai N-gain pretes-postes hasil uji t1 (5,738) > tt (1,663) dan t2(12,224) > tt (1,663). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain setiap indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami perbedaan yang signifikan pada indikator soal C1 nilai p (0,000) < (0,050), indikator soal C2 t1 (2,530) > tt (1.663) dan t2 (3,412) > tt (1.663) , serta indikator soal C4 p (0,021)