?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING%0D%0ADENGAN+MEDIA+GAMBAR+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AAKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0APADA+MATERI+POKOK%0D%0ACIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP%0D%0A(PTK+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Muhammadiyah+2+Natar%2C%0D%0ATahun+Pelajaran+2012%2F2013)&rft.creator=Hipni+Syarif%2C+Juairiah&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPA+yang+pencapaiannya+hanya+30%2C0%25+siswa+yang+tuntas+memenuhi+nilai+KKM+mata+pelajaran+IPA.+Selain+itu%2C+guru+masih+menggunakan+metode+yang+bersifat+teacher+centered%2C+yaitu+metode+ceramah.+Berdasarkan+permasalahan+tersebut%2C+maka+tujuan+penelitian+yang+ingin+dicapai+ialah+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Salah+satu+model+pembelajaran+yang+di+harapkan+mampu+mengatasi+masalah+tersebut+adalah+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+menggunakan+media+gambar.%0D%0AMetode+Inkuiri+menurut+Nurhadi+dan+Senduk+(2003+%3A+78)%2C+inkuiri+terbimbing+merupakan+proses+belajar+dengan+melakukan+pemecahan+masalah%2C+melakukan+hipotesis%2C+merancang+kegiatan%2C+melakukan+kegiatan+untuk+memperoleh+data%2C+mengumpulkan+data%2C+serta+membuat+kesimpulan.%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA+siswa+melalui+penerapan+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+melakukan+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK).+Penelitian+tindakan+kelas+yang+di+laksanakan+pada+tiga+siklus.+Subjek+penelitian+di+lakukan+pada+SMP+Muhammadiyah+2+Natar.+Jumlah+siswa+sebanyak+25+orang.+Instrumen+pembelajaran+yang+digunakan+adalah+berupa+tes+pada+akhir+siklus+untuk+mengetahui+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siwa%2C+Hasil+penelitian+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+ditunjukkan+dengan+perencanaan+setiap+siklusnya+yang+mengalami+perbaikan+berdasarkan+hasil+refleksi+di+siklus+sebelumnya.+Pelaksanaan+pembelajaran+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dapat+dilihat+dari+aktivitas+guru+dan+siswa+pada+setiap+siklusnya+yang+mengalami+peningkatan.%0D%0APencapaian+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+mencapai+rata-rata+35%2C71%25+jumlah+siswa+yang+dinyatakan+tuntas+hanya+5+orang%2C+siklus+II+mencapai+rata-rata+46%2C42%25+jumlah+siswa%0D%0Ayang+tuntas+meningkat+menjadi+10+orang+dan+siklus+III+mencapai+rata-rata+85%2C71%25+dengan+juamlah+siswa+22+orang.+Adapun+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+di+siklus+I+mencapai+23%2C0+%25+siklus+II+mencapai+65%2C0%25+dan+siklus+III+mencapai+75%2C0%25.+Berdasarkan+hasil+penelitian+ini%2C+maka+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+pada+pelajaran+IPA+materi+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup.+Berdasarkan+hasil+penelitian+tersebut%2C+terdapat+saran+yang+hendak+disampaikan+yaitu+guru+atau+peneliti+lain+yang+akan+melakukan+pembelajaran+IPA+untuk+mempertimbangkan+penggunaan+model+pembelajaran%2C+seperti+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+yang+sudah+terbukti+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing%2C+aktivitas+belajar+siswa%2C+hasil+belajar+siswa%2C+mata+pelajaran+IPA+materi+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup.%0D%0AJUAIRIAH&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-06-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Hipni+Syarif%2C+Juairiah++(2014)+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DENGAN+MEDIA+GAMBAR+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATERI+POKOK+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP+(PTK+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Muhammadiyah+2+Natar%2C+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2401%2F