TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24021 UR - http://digilib.unila.ac.id/24021/ A1 - SEPTINA, (1413093040) Y1 - 2016/09/29/ N2 - Permasalahan Penelitian ini adalah Prestasi belajar matematika pada materi pecahan yang diraih siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui kartu bilangan dengan menerapankan model pembelajaran make and match pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kec. Candipuro Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan Analisis Data Triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran make and match dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 27 siswa (56,25%), dan siklus II sebanyak 41 siswa (85,42%), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 25 siswa (52,08%), dan siklus II sebanyak 42 siswa (87,50%). Kesimpulan, penerapan model pembelajaran make and match melalui kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Kata kunci: aktivitas, prestasi belajar, kartu bilangan pecahan, make and match. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KARTU BILANGAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KARYA MULYASARI KEC. CANDIPURO LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -