%A Masani Ismail %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA (Pada siswa Kelas VII.1 SMP Muhammadiyah 2 Kalianda) Tahun Pelajaran 2012-2013 %X Penyebab rendahnya ketuntasan belajar siswa berdasarkan hasil observasi di SMP Muhammadiyah 2 Kalianda adalah rendahnya pemahaman biologi siswa yang masih rendah karena siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Disamping itu masih ada siswa yang kurang memperthatikan saat guru memberikan penjelasan, banyak siswa melakukan kegiatan yang tidak relevan. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Kalianda pada semester genap tahun pelajaran 2012-2013 di kelas VII.1 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan desain peneitian spiral penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 3 siklus. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi,dan refleksi untuk setiap siklus. Data tes hasil belajar diperoleh dari tes tertulis, data aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas siswa dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menghitung skor terhadap hasil observasi aktivitas siswa dan nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah 60,55. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 73,33 dan siklus III sebesar 77,99 . Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar sisiwa siklusI 57,30 siklus II 65,11 dan siklus III 72,00 . Dari peningkatan pada setiap siklus dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat diterapkan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Muhammadiyah 2 Kalianda. Kata kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Model TPS. Masani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2404