%A 1213023029 IKA NUR WULANDARI %T PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran SiMaYang tipe II dan problem solving dalam meningkatkan kemampuan meta?kog??-nisi dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo yang terdiri dari 4 kelas tahun pelajaran 2015/ 2016. Teknik pemilih?an sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan non equivalent control group design. Perbandingan kedua model pem??belajaan ini diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan metakog?nisi dan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemam?pu?an metakognisi dan penguasaan konsep pada kelas yang meng?gunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II (eksperimen I) berkategori ?tinggi?, sementara pada kelas yang mengguna?kan model pem?belajar?an problem solving (eksperimen II) berkategori ?sedang?. Selain itu, aktivitas siswa dan res?pon siswa pada kelas yang menggunakan model pem?belajar?an SiMaYang Tipe II (eksperimen I) ber-kategori ?sangat tinggi?, sedangkan pada kelas eksperimen II yang meng?guna?kan model pem?belajaran problem solving berkategori ?tinggi?. Berdasarkan hasil pe-nelitian yang diperoleh, dapat disimpul?kan bahwa model pem?belajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkat?kan kemampu?an metakognisi dan penguasaan konsep larut?an elektrolit dan non-elektrolit lebih baik dibanding?kan dengan pembelajaran menggunakan model problem solving Kata kunci: metakognisi, penguasaan konsep, problem solving, SiMaYang Tipe II %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints24056