@misc{eprints2407, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI MODEL TPS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2012/2013)}, author = {PEBI HERPINDO SAPUTRA Herping}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2407/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi SMA N 1 Natar Lampung Selatan diperoleh informasi bahwa hasil belajar kelas XI masih rendah. Hal ini diduga karena penggunaan media yang bervariasi sebagai alat bantu dalam pembelajaran masih jarang dilakukan. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purpose Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji u pada taraf signifikansi 5\%. Data kualitatif berupa data akitivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan media audio visual dengan model TPS yang dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap penguasaan konsep pada kelas yang menggunakan media audio visual dengan ratat-rata pretes yaitu 33,47 meningkat menjadi rata-rata postes yaitu 78,23 dengan N-gain sebesar 62,13. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa, mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 76,84 \%, hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (75,91\%), bekerja sama dalam tim berkriteria tinggi (80,77\%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria sedang (73,85\%). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual dengan model TPS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Percernaan Makanan Pada Manusia. Kata kunci : aktivitas belajar, media Audio Visual, model TPS, penguasaan konsep, sistem pencernaan Pebi Herpindo Saputra} }