?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+5E+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+INFERENSI%0D%0ADAN+PENGUASAAN+KONSEP+LAJU+REAKSI&rft.creator=Sudarwanto%2C+ESTI+NUNGGAL+SARI&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+learning+cycle+5E+(+LC+5E)+dalam+meningkatkan+keterampilan+inferensi+dan+penguasaan+konsep+laju+reaksi.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+MAN+Poncowati+tahun+pelajaran+2012%2F2013+yang+berjumlah+173+siswa+dan+tersebar+dalam+5+kelas.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+purposive+sampling%2C+dan+diperoleh+kelas+XI+IPA+1+sebagai+kelas+eksperimen+yang+mengguna-kan+model+pembelajaran+LC+5E+dan+kelas+XI+IPA2+sebagai+kelas+kontrol+yang+menggunakan+pembelajaran+konvensional.+Jenis+penelitian+ini+menggunakan+kuasi+eksperimen+dengan+Non+Equivalent+Control+Group+Design.+Efektivitas+model+pembelajaran+LC+5E+ditunjukkan+dengan+uji-t+dari+N-gain+yang+signifikan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+N-gain+keterampilan+inferensi+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C67+dan+0%2C44%3B+t%E2%80%99hitung+(5%2C515)+%3E+ttabel+(1%2C698).+Rata-rata+N-gain+penguasaan+konsep+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C58+dan+0%2C46%3B+thitung+(2%2C06)+%3E+ttabel+(1%2C6622).+Dengan+demikian+didapat+bahwa+keterampilan+inferensi+dan+penguasaan+konsep+laju+reaksi+yang+diterapkan+model+pembelajaran+LC+5E+lebih+tinggi+daripada+pembelajaran+konvensional.+Dan+dapat%0D%0AEsti+Nunggal+Sari%0D%0Adisimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+LC+5E+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan+inferensi+dan+penguasaan+konsep+laju+reaksi.%0D%0AKata+kunci%3A+model+pembelajaran+LC+5E%2C+keterampilan+inferensi+dan+penguasaan+konsep&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F2%2FABSTRAK%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F3%2FPERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F4%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F5%2FDAFTAR%2520ISI%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F9%2FBAB%2520IV%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F10%2FBAB%2520V%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Sudarwanto%2C+ESTI+NUNGGAL+SARI++(2013)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+5E+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+INFERENSI+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+LAJU+REAKSI.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F241%2F