creators_name: Sudarwanto, ESTI NUNGGAL SARI type: other datestamp: 2014-01-08 06:55:07 lastmod: 2014-01-08 06:55:07 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI ispublished: pub subjects: L1 subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E ( LC 5E) dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Poncowati tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 173 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mengguna-kan model pembelajaran LC 5E dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran LC 5E ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,44; t’hitung (5,515) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,58 dan 0,46; thitung (2,06) > ttabel (1,6622). Dengan demikian didapat bahwa keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi yang diterapkan model pembelajaran LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dan dapat Esti Nunggal Sari disimpulkan bahwa model pembelajaran LC 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Kata kunci: model pembelajaran LC 5E, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep date: 2013-12-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: Sudarwanto, ESTI NUNGGAL SARI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/2/ABSTRAK%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/3/PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/4/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/5/DAFTAR%20ISI%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/6/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/7/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/8/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/9/BAB%20IV%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/10/BAB%20V%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/241/12/LAMPIRAN.zip