?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMANFAATAN+KARTU+BERGAMBAR+PADA+SUB+MATERI+POKOK+INVERTEBRATA+MELALUI+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+GROUP+INVESTIGATION+(GI)+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+RASIONAL+SISWA%0D%0A(Studi+Quasi+Eksperimen+pada+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Al-Kautsar+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012-2013)&rft.creator=Mujiarudin%2C+SITI+NURHALIMAH&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Keterampilan+berpikir+Rasional+(KBR+)+perlu+dimiliki+siswa+dalam+proses+pembelajaran.+Namun+hasil+observasi+di+SMA+Al-Kautsar+Bandar+lampung+menunjukkan+bahwa+keterampilan+berpikir+rasional+siswa+yang+dikembangkan+masih+rendah%2C+karena+itu+diperlukan+solusi+untuk+meningkatkan+KBR+siswa.+Salah+satunya+dengan+menggunakan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretes+postes+kelompok+non+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+X6+dan+X5+yang+dipilih+dari+populasi+secara+cluster+random+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+nilai+N-gain%2C+kemudian%0D%0Aiii%0D%0Adianalisis+dengan+uji+t+dengan+taraf+kepercayaan+95%25.+Data+kualitatif+yang+dianalisis+secara+depskriptif+berupa+rata-rata+persentase+aktivitas+siswa+dan+angket+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+kooperatif+tipe+GI.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+tidak+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+keterampilan+berpikir+rasional+(thitung+(1%2C412)+%3C+ttabel+(1%2C671)+).+Selain+itu%2C+rata-rata+N-Gain+KBR+siswa+pada+kelompok+eksperimen+mengalami+peningkatan+dengan+kriteria+sedang.+Rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+memiliki+kriteria+tinggi+(76%2C57+%25).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+tidak+berpengaruh+secara+signifikan+dalam+meningkatkan+KBR+siswa+pada+sub+materi+pokok+Invertebrata+.%0D%0AKata+kunci+%3A+GI%2C+Invertebrata%2C+KBR%2C+Media+Kartu+Bergambar.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-09-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Mujiarudin%2C+SITI+NURHALIMAH++(2014)+PEMANFAATAN+KARTU+BERGAMBAR+PADA+SUB+MATERI+POKOK+INVERTEBRATA+MELALUI+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+GROUP+INVESTIGATION+(GI)+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+RASIONAL+SISWA+(Studi+Quasi+Eksperimen+pada+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Al-Kautsar+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012-2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2411%2F