?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA%0D%0AMELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+STAD+(STUDENT+TEAM%0D%0AACHEIVEMENT+DIVISION)%0D%0ASkripsi+pada+siswa+kelas+VIIA+Semester+Genap+SMP+Negeri+1+Melinting%0D%0ALampung+Timur+Tahun+2012-2013)&rft.creator=Sunsaleh%2C+Sudarni&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Berdasarkan+hasil+observasi+pada+siswa+kelas+VII+A+SMP+Negeri+1+Melinting+tahun+2012-2013+diketahui+bahwa+proses+pembelajaran+di+kelas+masih+menggunakan+metode+ceramah+sehingga+siswa+pasif+dan+dan+hasil+belajar+belum+memenuhi+KKM.+Penelitian+ini+bertujuan+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+melalui+penerapan+model+pembelajaran+koperatif+tipe+STAD+semester+genap+pada+tahun+pelajaran+2012-2013.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+penelitian+tindakan+kelas+(PTK)+yang+terdiri+atas+tiga+siklus.+Aktivitas+belajar+siswa+yang+diukur+meliputi%3A%0D%0AMemperhatikan+penjelasan+guru%2C+mengisi+LKS%2C+bertanya+pada+teman%2C+menjaawab+pertanyaan+teman+dan+melakukan+kegiatan+diskusi.%0D%0Aii%0D%0AData+hasil+belajar+diperoleh+dari+tes+awal+sebelum+dilaksanakan+penelitian+dan+tes+akhir+pada+setiap+siklus.+Data+dianalisa+dengan+cara+diskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+rata-rata+aktivitas+belajar+dari+siklus+ke+siklus+mengalami+peningkatan%2C+hasil+aktivitas+belajar+siswa+yang+tertinggi+pada+siklus+III+sebesar+84+%25+indikator+tertinggi+pada+Mengisi+LKS+yaitu+100+%25+berarti+semua+siswa+melakukan+kegiatan+aktivitas+ini%2C+pada+siklus+ini+siswa+sangat+antusias+saling+membantu+dalam+mengerjakan+dan+melengkapi+lembar+kerja+siswa.+Sedangkan+yang+terendah+pada+siklus+I+sebesar+58+%25+indikator+terendah+pada+bertanya+pada+teman+dan+menjawab+pertanyaan+teman+yaitu+sebesar+22%25+pada+siklus+I+kebanyakan+siswa+masih+kurang+memperhatikan+pelajaran+karena+bingung%2C+langkah-langkah+pembelajaran+tidak+seperti+biasa+baru+pertama+menggunakan+model+kooperatif+tipe+STAD.+Sedangkan+nilai+rata-rata+hasil+belajar+IPA+siswa+pada+siklus+I+sebesar+62%2C+siswa+tuntas+(51%25)+pada+siklus+II+sebesar+64+siswa+tuntas+(68%25)+dan+pada+siklus+III+sebesar+71+siswa+tuntas+(94%25)+.%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas+belajar+%2C+hasil+belajar%2C+model+kooperatif+tipe+STAD&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-06-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Sunsaleh%2C+Sudarni++(2014)+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STAD+(STUDENT+TEAM+ACHEIVEMENT+DIVISION)+Skripsi+pada+siswa+kelas+VIIA+Semester+Genap+SMP+Negeri+1+Melinting+Lampung+Timur+Tahun+2012-2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2412%2F