%0 Generic %A Sunsaleh, Sudarni %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2412 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISION) Skripsi pada siswa kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 1 Melinting Lampung Timur Tahun 2012-2013) %U http://digilib.unila.ac.id/2412/ %X Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Melinting tahun 2012-2013 diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa pasif dan dan hasil belajar belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD semester genap pada tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Aktivitas belajar siswa yang diukur meliputi: Memperhatikan penjelasan guru, mengisi LKS, bertanya pada teman, menjaawab pertanyaan teman dan melakukan kegiatan diskusi. ii Data hasil belajar diperoleh dari tes awal sebelum dilaksanakan penelitian dan tes akhir pada setiap siklus. Data dianalisa dengan cara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dari siklus ke siklus mengalami peningkatan, hasil aktivitas belajar siswa yang tertinggi pada siklus III sebesar 84 % indikator tertinggi pada Mengisi LKS yaitu 100 % berarti semua siswa melakukan kegiatan aktivitas ini, pada siklus ini siswa sangat antusias saling membantu dalam mengerjakan dan melengkapi lembar kerja siswa. Sedangkan yang terendah pada siklus I sebesar 58 % indikator terendah pada bertanya pada teman dan menjawab pertanyaan teman yaitu sebesar 22% pada siklus I kebanyakan siswa masih kurang memperhatikan pelajaran karena bingung, langkah-langkah pembelajaran tidak seperti biasa baru pertama menggunakan model kooperatif tipe STAD. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 62, siswa tuntas (51%) pada siklus II sebesar 64 siswa tuntas (68%) dan pada siklus III sebesar 71 siswa tuntas (94%) . Kata kunci: aktivitas belajar , hasil belajar, model kooperatif tipe STAD