%0 Generic %A NADYA OKTAMI , 1213041062 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24130 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ALUR DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/24130/ %X Permasalahan dalam penelitian ini mengenai alur dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tahapan alur dengan mengombinasikan dua pendapat ahli dan jenis-jenis peristiwa, serta mendeskripsikan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang diterbitkan pada tahun 2015. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa, kalimat dan kutipan teks yang berkaitan dengan peristiwa dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. iii Hasil penelitian menunjukan adanya kesamaan pembagian peristiwa dalam menganalisis tahapan alur novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Jenis alur yang digunakan yaitu alur campuran. Jenis peristiwa yang ditemukan didominasi peristiwa fungsional, ada beberapa yang menjadi peristiwa kaitan dan acuan. Novel Hujan Bulan Juni dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 Merancang novel dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : alur, novel, rancangan pembelajaran