%A 1213051054 RAGIL SANJAYA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG %X Tujuan penelitian adalah untuk mengatahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (Stad) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VII Smp Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment dan post test. Populasi penelitian berjumlah 258 siswa, dan sample sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes instrument gerak dasar. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan persyaratan analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran Stad dapat diperoleh nilai rata-rata 28,65, sedangkan setelah diberi pembelajaran nilai rata-ratanya adalah 29,60. Hal ini terjadi peningkatan nilai sebesar 0,95. Model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai rata-rata 37,40, dan setelah diberi pembelajaran nilai rata-ratanya adalah 37,85. Hal ini terjadi peningkatan nilai sebesar 0,45. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Stad lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Kata kunci: Gerak Dasar, Keterampilan, Lompat Jauh, Model Pembelajaran. %C U7NIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints24143